jawab bahasa indonesia home learning
1. Bacalah kutipan teks laporan
hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.
(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.
Kalimat definisi dalam kutipan teks laporan hasil observasi di
atas berada pada....
A. Kalimat ke-1
B. kalimat ke-2
C. kalimat ke-3
D. kalimat ke-4
E. kalimat ke-5
2. Yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor ... .
B. kalimat ke-2
C. kalimat ke-3
D. kalimat ke-4
E. kalimat ke-5
2. Yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor ... .
A. 1, 2, 3
B. 2, 4, 5
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 5
E. 2, 3, 5
3. Teks laporan hasil observasi berikut ini, merupakan acuan menjawab soal nomor 3 s.d 7
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
B. 2, 4, 5
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 5
E. 2, 3, 5
3. Teks laporan hasil observasi berikut ini, merupakan acuan menjawab soal nomor 3 s.d 7
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
Benda hidup
juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda
mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan
bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan
oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan
tumbuh-
tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda
dalam
beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu
tempat ke tempat
lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak,
jantung, paru-paru, dan darah,
tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-
tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat
penting yang tidak
dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat
menghasilkan
makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan
tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua
tumbuh-tumbuhan
mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan
dapat dikelompokkan menjadi
tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-
tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan
tanaman buah mempunyai
bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan
invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi burung,
anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan invertebrata tidak
bertulang belakang meliputi ubur-ubur,
kupu-kupu, dan laba-laba.
Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia,
burung, amfibia,
reptilia, dan ikan.
Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
Teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun
Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
Teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun
dengan memaparkan . . .
A. Aspek yang dilaporkan dengan sebuah pernyataan lalu
diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B. Pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. Pengelompokkan benda menurut penulis laludituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. Benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
4. Objek dalam penelitian tersebut adalah . . .
A. Benda-benda di dunia
B. Makhluk hidup di dunia.
C. Beragamnya jenis hewan
D. Bentuk tumbuhan di dunia
E. Persebaran flora dan fauna
5. Dalam paragraf ke-2 kalimat pertama teks di atas terdapat kata ‘diklasifikasi’. Di bawah ini merupakan sinonim kata tersebut, yaitu . .
A. disebutkan
B. dipisahkan
C. digolongkan
D. disusun
E. dibagi
6. Pada paragraf ke-3 kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah . . .
A. pasif
B. statis
C. elastis
D. dinamis
E. fluktuatif
7. Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas, yaitu . . .
A. yang, dari, dalam, dan oleh karena itu
B. seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
C. yang, juga, namun, dan sementara itu
D. adalah, karena, selain itu, dan namun
E. disebut, juga, tetapi, dan sedangkan
8. Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas . . .
A. Benda hidup juga membutuhkan makanan.
B. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
E. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
9. Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah. .
A. Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
B. Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang
C. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan bunga adalah benda hidup.
D. Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
E. Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.
10. Bacalah paragraf berikut ini!
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki
B. Pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. Pengelompokkan benda menurut penulis laludituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. Benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
4. Objek dalam penelitian tersebut adalah . . .
A. Benda-benda di dunia
B. Makhluk hidup di dunia.
C. Beragamnya jenis hewan
D. Bentuk tumbuhan di dunia
E. Persebaran flora dan fauna
5. Dalam paragraf ke-2 kalimat pertama teks di atas terdapat kata ‘diklasifikasi’. Di bawah ini merupakan sinonim kata tersebut, yaitu . .
A. disebutkan
B. dipisahkan
C. digolongkan
D. disusun
E. dibagi
6. Pada paragraf ke-3 kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah . . .
A. pasif
B. statis
C. elastis
D. dinamis
E. fluktuatif
7. Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas, yaitu . . .
A. yang, dari, dalam, dan oleh karena itu
B. seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
C. yang, juga, namun, dan sementara itu
D. adalah, karena, selain itu, dan namun
E. disebut, juga, tetapi, dan sedangkan
8. Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas . . .
A. Benda hidup juga membutuhkan makanan.
B. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
E. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
9. Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah. .
A. Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
B. Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang
C. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan bunga adalah benda hidup.
D. Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
E. Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.
10. Bacalah paragraf berikut ini!
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki
kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm.
Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait.
Pada paruh
bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa
kulit elastis, yang
digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek
dan pada jari-jarinya terdapat
selaput yang memudahkannya berenang.
Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m.
Bentangan sayapnya
antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
Aspek yang dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi di
atas adalah ... .
A. tempat hidup burung pelikan
B. cara berkembang biak burung pelikan
C. perilaku burung pelikan
D. penangkaran burung pelikan
E. Ciri-ciri pelican
B. cara berkembang biak burung pelikan
C. perilaku burung pelikan
D. penangkaran burung pelikan
E. Ciri-ciri pelican
sekian aja sharing gw hari ini, semoga bermanfaat...
Comments
Post a Comment